Lima Jenis Pantangan Minum Susu

Diposkan oleh safru | Monday, October 05, 2009 | | 13 komentar »


Sering minum susu sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi dalam hidup sehari-hari kita juga harus berhati-hati, bahwa ada sebagian makanan tidak boleh dimakan bersamaan terutama dengan susu. Apa saja itu...? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat minum susu :

1. Jeruk dan susu
Dalam satu jam sebelum dan sesudah minum susu, tidak cocok makan jeruk. Sebab protein di dalam susu jika bertemu dengan tartaric acid yang terkandung dalam jeruk, akan mengeras, dengan demikian akan mempengaruhi daya serap dan daya cerna terhadap susu, pada saat yang sama juga tidak cocok mengonsumsi jenis buah-buahan lain yang asam.

2. Jus dan susu
Protein dalam susu 80% adalah protein dadih kental (casein), pada saat sifat asam susu di bawah 4.6 ph, sejumlah besar protein dadih kental akan menjadi melekat jadi satu, mengendap, sukar untuk menyerap dan mencernakan, yang gawat mungkin akan mengakibatkan gangguan pada pencernaan atau akan berakibat buang-buang air, itulah sebabnya ke dalam susu tidak boleh dicampurkan jus dan minuman-minuman yang bersifat asam.

3. Susu dan gula
Susu mengandung leucine (asam amino), bila dalam keadaan panas dimasukkan gula akan bereaksi menjadi leucine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun, dapat merusak tubuh orang. Susu segar dalam kondisi mendidih jangan dicampur gula, tunggu agak dingin baru masukkan gula.

4. Susu dan coklat
Susu mengandung banyak protein dan kalsium, tetapi coklat mengandung asam oksalat, bila keduanya dimakan bersamaan, akan menjadi kalsium yang bersifat non larut, sangat mempengaruhi daya serap terhadap kalsium, akan menimbulkan gejala rambut kering, buang-buang air, lambatnya pertumbuhan serta gejala-gejala yang lain.

5. Susu dan obat
Ada orang suka minum obat dengan susu, air putih diganti dengan susu, padahal susu jelas-jelas dapat mempengaruhi tubuh dalam menyerap obat. Karena susu mudah melapisi permukaan obat dengan membentuk sebuah selaput, maka akan membuat unsur-unsur yang terkandung dalam susu seperti kalsium, magnesium serta unsur-unsur lainnya timbul reaksi kimia dengan obat, menjadi materi yang tidak bisa larut dalam air, dengan demikian akan mempengaruhi kemampuan daya buang dan daya serap terhadap obat. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah minum obat satu jam jangan minum susu.

sumber : www.susukolostrum.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

13 komentar

  1. Mas Doyok // October 5, 2009 at 5:52 PM  

    setuju mas, lanjut yah semangat

  2. anandh // October 6, 2009 at 11:02 AM  

    nice article

  3. nophie // October 8, 2009 at 4:42 PM  

    buah n susu juga sebenernya pantangan tuh

  4. nophie // October 8, 2009 at 4:43 PM  

    buah n susu juga sebenernya pantangan tuh

  5. Tante Eliz // October 8, 2009 at 7:10 PM  

    susu bagus untuk meningkatkan power ketika bercinta... nice tips...

  6. narti // October 9, 2009 at 1:45 PM  

    kalau kita mungkin bisa ya, tapi memberi tahu ke anak-anak seperti itu bukan hal yang mudah.
    makasih infonya.

  7. narti // October 9, 2009 at 1:45 PM  

    kalau kita mungkin bisa ya, tapi memberi tahu ke anak-anak seperti itu bukan hal yang mudah.
    makasih infonya.

  8. lina@happy family // October 11, 2009 at 10:04 PM  

    Coklat ama susu ngga boleh ya; baru tau nih...

  9. KucingTengil // October 16, 2009 at 12:30 AM  

    wah.. mia sering tuh bikin susu yg diseduh am air panas tuh diaksih gula. hiks... jadi racun ya... gaswat. trus katanya ga blh susu pake coklat, nah kalo susu coklat gimana tuh????

  10. irvan // October 16, 2009 at 2:41 PM  

    waduh baru tau tu susu + gula bahaya, tapi ko ga ada peringatan di kemasannya ya ?

  11. 鯛魚燒Star // May 17, 2010 at 8:19 PM  
  12. Anonymous // August 8, 2010 at 10:10 AM  

    is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

  13. berat badan ideal // November 25, 2010 at 1:42 PM  

    berat badan ideal, menurunkan berat badan ideal. berat badan ideal,berat badan ideal,berat badan ideal Demi penghematan, agar bahan makanan tahan lama, banyak orang menyimpan makanan di freezer (lemari pendingin). Padahal tak semua produk makanan bisa disimpan di freezer. Produk-produk makanan yang mengandung banyak air sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer.berat badan ideal Daging-dagingan bisa tahan pembekuan untuk penyimpanan. Namun, kualitas mereka bisa terganggu. Ada beberapa jenis makanan yang tak boleh disimpan di dalam freezer antara lain :

Post a Comment

Friends Link

Friends