Menghindari Emosi Saat Menstruasi

Diposkan oleh safru | Tuesday, July 06, 2010 | | 2 komentar »

Bagi Anda kaum perempuan terutama yang sudah beranjak dewasa, mentruasi adalah salah satu siklus yang harus Anda hadapi setiap bulannya. Dan sudah jadi rahasia umum, jika kaum perempuan yang sedang mengalami datang bulan (menstruasi), banyak mengalami perubahan hormon yang memengaruhi dirinya. Menurut jurnal online Massachusettes General Hospital dan Harvard Medical School, 85% perempuan mengalami banyak perubahan semasa menstruasi atau juga pada masa pra-menstruasi (PMS). Beberapa hal yang sering terjadi biasanya kaum perempuan merasa depresi, mudah marah, sensitif, dan berbagai kendala emosi lainnya.

Untuk itu, mengingat hal tersebut bukanlah “penyakit” tetapi lebih karena perubahan hormon dalam tubuh, sebenarnya tak ada hal yang perlu dikuatirkan. Namun, memang ada baiknya, karena masalah emosi sering berkaitan juga dengan orang di sekeliling—apalagi bagi perempuan karier—maka menurut The National Woman’s Health dari Departemen Kesehatan Amerika Anda perlu melakukan beberapa hal berikut, agar emosi tak mengganggu aktivitas Anda.

  • Lakukan sosialisasi dengan teman-teman. Banyak kasus di mana orang yang mudah emosi akan lebih mudah mengendalikan emosinya saat ia bisa menemukan orang yang tepat untuk diajak bicara. Karena itu, dengan bersosialisasi atau sekadar berbincang dengan kawan dekat akan mengurangi depresi atau stres yang timbul saat menstruasi.

  • Lakukan rileksi dengan berbagai terapi seperti meditasi, pemijatan, atau yoga. Rileksasi sejenak dari rutinitas akan membuat badan terasa lebih segar. Dengan begitu, tubuh akan lebih bisa menerima “tekanan” yang mungkin terjadi dengan cara yang lebih rileks sehingga Anda tak akan mudah emosi.

  • Istirahat atau tidur yang cukup, setidaknya 8 jam sehari. Istirahat yang cukup pada masa-masa menstruasi akan melancarkan sirkulasi tubuh dan aliran darah sehingga tubuh akan lebih bugar dan sehat sehingga tak mudah emosi.

  • Makan makanan bergizi seperti buah, sayur, dan daging, serta menjauhi rokok dan alkohol. Dengan asupan yang tepat, saat-saat menstruasi—yang kadang juga menyebabkan anemia —tubuh tetap mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dan zat penting yang dibutuhkan. Sehingga, tubuh tak akan menderita 5L yang acap kali sering membuat mudah emosi.

  • Perhatikan juga masa-masa menstruasi Anda. Dengan tahu persis kapan dan saat Anda akan menstruasi, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan jadwal untuk mengatur waktu kesibukan Anda. Dengan cara tersebut, Anda pun akan lebih mudah mengatur masa-masa mudah emosi untuk tidak melakukan pertemuan-pertemuan penting dengan relasi.
sumber:Inspirasisehat.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

2 komentar

  1. elok langita // July 7, 2010 at 8:06 AM  

    Mkashy buat infonyaa :D

    bermanfaat banget, jadi bisa tau trik triknya :D

  2. obat tumor paru-paru herbal // November 19, 2012 at 9:59 AM  

    makasih banyak gan infonya

Post a Comment

Friends Link

Friends