Yuk Hajar Kolesterol

Diposkan oleh safru | Friday, October 02, 2009 | | 4 komentar »

Kadar kolesterol menjadi salah satu indikasi kondisi kesehatan tubuh. Kelebihan kolesterol memicu penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan resiko serangan jantung. Untuk mengendalikan kolesterol salah satunya dapat dilakukan dengan mengatur pola makan rendah lemak dan hidup sehat. Beberapa jenis makanan terbukti berpengaruh positif menjaga kolesterol tetap rendah. Mau tahu...?? Ini dia :
1. Kedelai. Mengkonsumsi protein kedelai minimal 25 gram setiap hari bisa membantu untuk mengurangi kolesterol. Ada banyak pilihan makanan berbasis kedelai yang tersedia disekitar kita, mulai dari tempe, tahu hingga susu kedelai.
2. Serat. Serat yang mudah larut di air menghambat penyerapan kolesterol di usus sehingga membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Serat yang mudah larut bisa kita temukan pada gandum, beras merah, kacang, apel wortel, dan sebagian besar sayur dan buah-buahan.
3. Ikan. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan, terutama ikan laut seperti salmon, bisa membantu menurunkan lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baikserta menurunkan trigliserida.Konsumsi minimal dua porsi ikan dalam seminggu.
4. Alpukat. Sumber terbaik untuk lemak tak jenuh yang bisa membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta sitosterol yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan.
5. Bawang Putih. Penelitian menunjukkan bawang putih mampu menurunkan kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, bumbu ini bisa mencegha terjadinya plak di arteri pada stadium dini atau disebut juga nano plak.
6. Bayam. Sayuran ini kaya akan lutein, pigmen berwarna kuning yang juga ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan kuning telur. Tak diragukan lagi reputasi lutein dalam menjaga penglihatan, juga melindungi kita dari serangan jantung dengan cara membentuk lapisan pelindung dinding arteri dari serangan kolesterol.
7. Teh. Memiliki kandungan antioksidan, flavonoids. Studi membuktikan teh juga menjaga pembuluh darah tetap rileks dan mencegah sumbatan. Flavonoids dalam teh juga bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat yang menyebabkan terbentuknya plak di dinding arteri.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

4 komentar

  1. arumsekartaji // October 2, 2009 at 7:37 PM  

    Betul kolesterol berlebihan dalam badan tidak baik untuk kesehatan. Pembakaran lemak dalam darah bisa dilakukan dengan olahraga aerobik secara teratur misalnya olahraga jalan kaki pagi 1 jam saja sejauh 4-5 km.
    Untuk membersihkan saluran pembuluh darah dari plak disamping metode kedokteran juga dengan grounding reiki.

  2. secangkir teh dan sekerat roti // October 2, 2009 at 9:02 PM  

    salam hangat berjalan di malam2... :)

  3. lina@happy family // October 3, 2009 at 12:00 AM  

    Pola makan memang harus dijaga ya Sob, jangan sampai menyesal di kemudian hari, karena penyakit sudah menumpuk...

  4. Warna Tulisan // March 28, 2010 at 1:00 PM  

    memang banyak penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur, makasih sahabat atas postingan yang bermanfaat.

Post a Comment

Friends Link

Friends