Streching Bisa Bantu Jaga Stamina

Diposkan oleh safru | Saturday, June 05, 2010 | | 14 komentar »


Apakah pekerjaan anda setiap hari menumpuk? kalau ya, sudah pasti hal itu akan memberikan beban tersendiri pada Anda. Tapi tak usah khawatir karena setiap kesulitan pasti ada jalan keluar. Agar Anda bisa terhindar dari masalah tersebut yang bisa berakibat pada menurunnya stamina Anda, disini ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Apa saja cara itu? Yang pasti, kesiapan mental dan kebugaran tubuh akan menjadi solusi yang utama. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berpikir positif dan fokus. Jangan menganggap kerja tersebut sebagai penghambat atau penghalang, tapi sebagai tantangan. Berpikirlah bahwa setiap urusan pasti ada solusinya. Selain membangun sikap positif, berikut ini beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran dan stamina:

1. Lakukan stretching (peregangan).

Peregangan sederhana seperti meluruskan punggung, tangan dan kaki bisa jadi solusi yang cukup jitu. Hal ini sudah dibuktikan oleh Department of Nursing, Pusan National University. Universitas di Korea Selatan ini melakukan percobaan kepada para siswa SMA yang biasa duduk berjam-jam di dalam kelas. Sebelum pelajaran dimulai, para siswa disuruh melakukan stretching selama 10 menit. Hasilnya, ternyata mereka bisa berkonsentrasi lebih baik selama mengikuti pelajaran. Fakta yang menarik bukan?

2. Lakukan pernapasan perut.

Ini adalah teknik untuk rilaksasi dengan menambah sebanyak mungkin oksigen ke dalam tubuh. Cara praktisnya adalah tarik napas sebanyak mungkin ke dalam tubuh hingga bahu terangkat dan hembuskan perlahan dari mulut. Lakukan beberapa kali hingga memunculkan sensasi santai pada seluruh tubuh Anda. Semakin banyak oksigen dalam tubuh, khususnya otak, akan membuat orang semakin baik dalam berkonsentrasi.

2. Jalan kaki sejenak.

Jalan kaki terbukti menyehatkan, bahkan, meski tubuh belum berkeringat sekali pun. Karena itu, berjalan kaki sejenak di ruangan kantor atau mengambil kopi, akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Hal ini dibuktikan oleh Robert E. Thayer seorang profesor di California State University yang mengarang buku Calm Energy: How People Regulate Mood with Food and Execise. Ia melakukan penelitian pada beberapa orang dan menemukan hasil yang cukup menakjubkan. Yakni, hanya berjalan rileks sejenak, meski 10 menit di tengah kepenatan kerja, akan memberikan dampak meningkatkan energi kerja hingga maksimal 2 jam!

3. Progressive Muscle Relaxation (PMR).

Teknik ini adalah upaya peregangan otot-otot yang dikenalkan oleh Edmund Jacobson , pada sekitar tahun 1920-an. Intinya, menurut Edmund, melakukan rileksasi pada otot-otot akan menurunkan ketegangan seluruh tubuh. Cara praktisnya adalah dengan melemaskan otot-otot yang dirasa kaku pada bagian-bagian tertentu dalam tubuh. Lakukan beberapa gerakan seperti senam ringan yang biasa Anda kerjakan pada senam aerobik atau senam kebugaran lainnya.

4. Melakukan teknik yoga ringan.

Sudah jadi rahasia umum, bahwa yoga bisa menjadi salah satu teknik untuk mengatasi tekanan pikiran. Dalam sebuah studi yang dimuat pada Journal of Affective Disorder menyebutkan bahwa pasien depresi berat yang melakukan latihan pernapasan ritmik yoga, mengalami penurunan ketegangan yang signifikan. Salah satu cara praktisnya mulailah dengan kedua tangan ditarik lurus ke atas dengan jari-jari dikaitkan, dan telunjuk menunjuk ke atas. Tarik napas, tarik pusar ke arah tulang punggung. Embuskan. Kembali ke posisi semula. Lakukan berulang hingga memunculkan sensasi menenangkan.

Cara-cara sederhana yang terlihat sepele tersebut bisa sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kebugaran dan meningkatkan konsentrasi Anda. Bermodal stamina dan konsentrasi, pekerjaan menumpuk pun tidak jadi masalah lagi.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

14 komentar

  1. odonk's // June 6, 2010 at 7:59 AM  

    wah terima kasih om tipsnya...
    sangay bermanfaat buat ane yang sering dkash tugas m dosen killer..
    thanks om...

  2. Ferdinand // June 6, 2010 at 8:12 PM  

    Wah kayanya emank Penting tuh Sob.....sering pegel2 juga nie klo udah kebanyakan duduk di depan PC hhe......makasih tips'y...

  3. NURA // June 8, 2010 at 10:21 AM  

    salam sobat
    ok saya mau streching juga mas,agar meregangkan otot2 yang kaku.
    juga menjaga stamina.

  4. Warna Tulisan // June 13, 2010 at 10:02 AM  

    tips yang menarik dan bermanfaat, dikantor setiap jum'at ada senam Yoga ...

  5. BRI Jakarta Veteran // June 14, 2010 at 9:37 AM  

    sangat bermanfaat sahabat. Makasih sudah berbagi

  6. CongCot // June 15, 2010 at 8:01 AM  

    waaha hebat , congcot langsung praktekan nich... maksich mas, jaga terus kesehatan anak bangsa
    mampir yaaa ke CongCot

  7. Dhana/戴安娜 // June 15, 2010 at 1:02 PM  

    salam sahabat
    wah perlu di praktekkan izin saya simpan boleh kan??good luck n thnxs ya

  8. Rizky2009 // June 16, 2010 at 8:10 PM  

    saya suka artikelnya, sayaikutan save kaya kakak saya mb' Dhana/ 戴安娜

  9. Anasku // June 17, 2010 at 5:53 PM  

    asyikkk... langsung praktik ah

  10. sda // June 17, 2010 at 9:18 PM  

    makasih artikelnya. sehat dimulai dari diri sendiri ya, dan ternyata ada hal-hal ringan yg bisa dilaksanakan.

  11. narti // June 17, 2010 at 9:20 PM  

    moga bisa melaksanakannya, agar tetap bugar ditengah aktifitas padat.

  12. Dea Punya | Blogger Ciamis // June 18, 2010 at 9:52 AM  

    Waah Blog yang penuh dengan tips kesehatan nih, nice gan. Ditunggu update'an artikelnya.

  13. Lina Marliana // June 23, 2010 at 8:30 AM  

    Nice tips mas..
    Semua sudah pernah aku laksanakan.. kecuali Yoga.
    Aku punya buku dan VCDnya, tapi belum pernah aku praktekin nih.. :)

  14. Anonymous // August 20, 2010 at 12:56 PM  

    Pregnancy is an exciting time full of hope Abercrombie and Fitch and excitement. It can also be an overwhelmingly Abercrombie self-conscience time as well, as your body is pregnant Abercrombie Sale does not mean you have to wear drab clothing Cheap Abercrombie and this is what a maternity clothes works to prevent.You can now breathe a little easier Abercrombie outlet with the knowledge that you can find clothes that fit you appropriately buy Abercrombie through changing like it never has before! Maternity clothes are available Abercrombie clothing for you to help you look and feel beautiful throughout abercrombie & fitch your pregnancy. You can find a number of companies who produce garments Abercrombie kids for pregnant women that are not only comfortable Abercrombie Outerwears but fashionable as well.You will find that clothes that cater Abercrombie & Fitch Outerwears to the pregnant body are usually created in order to grow with the belly. For instance, when you Abercrombie Polos purchase a shirt that is a maternity size take notice of a free-flowing front. Maternity jeans are also made Abercrombie & Fitch Polos with expanding belly lines. They are created in this way so that you do not have to buy new clothes every month or two throughout your pregnancy.

Post a Comment

Friends Link

Friends