Manfaat Protein Bagi Tubuh

Diposkan oleh safru | Thursday, May 27, 2010 | | 17 komentar »

Istilah Protein mungkin sudah sering kita dengar bahkan sejak kita masih kecil karena protein adalah salah satu bagian dari makanan sehat. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Selain itu protein juga memiliki peran penting dalam pembentukan sistem kekebalan (imunitas) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon.

Disamping menjadi salah satu sumber gizi, pada prinsipnya protein berperan menunjang keberadaan setiap sel tubuh dan proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa sedikitnya wajib mengkonsumsi 1 g protein per kg berat tubuhnya. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet.

Kekurangan Protein bisa berakibat fatal:

  • Kerontokan rambut.
  • Penyakit kekurangan protein atau biasa disebut kwasiorkor. Umumnya penderitanya adalah anak kecil yang tidak mendapat asupan nutrisi protein yang cukup pada masa pertumbuhannya.
  • Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan hingga menyebabkan kematian.

Sumber Protein

  • daging
  • ikan
  • telur
  • susu
  • Tumbuhan berbiji
  • polong-polongan
  • kentang

Protein Hewani
Protein hewani berasal dari daging, telur dan susu. Protein hewani memberikan manfaat pertumbuhan sel-sel organ tubuh. Selain itu juga membantu pembentukan otak manusia dan sel darah merah lebih kuat sehingga tidak mudah pecah. Dengan demikian menjadikan otak organ cerdas.

Kekurangan protein menjadikan seseorang rentan terhadap penyakit dan akan gampang sakit. Oleh karena itu dianjurkan agar daging telur dan susu sudah diberikan sejak dini. Protein hewani bermutu tinggi sangat vital untuk pembentukan otak sejak anak masih janin sampai umur 2 tahun.

Protein nabati
Makanan nabati tidak mengandung kolesterol yang bisa menaikkan kadar kolesterol darah yang membawa risiko terhadap jantung.

Disamping itu daging juga tidak mengandung serat makanan. Sumber serat adalah makanan nabati, terutama buah, sayur, dan kacang-kacangan. Dimana serat makanan memiliki peran penting yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar proses pengeluaran sisa-sisa makanan dari usus.

Selain serat, makanan nabati juga mengandung banyak zat-zat nongizi seperti ratusan jenis karotin, khlorofil dan zat makanan minor yang berfungsi antioksidan, antitumor, antikanker.

Terkutip dari wikipedia.org, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Biokimiawan USA Thomas Osborne Lafayete Mendel, Profesor untuk biokimia di Yale, tahun 1914, mengujicobakan protein hewani dan nabati kepada kelinci. Satu grup kelinci diberikan makanan protein hewani saja, sedangkan grup yang lain hanya diberikan protein nabati. Dari hasil studi tersebut didapati bahwa kelinci yang memperoleh protein hewani lebih cepat bertambah beratnya daripada kelinci yang hanya memperoleh protein nabati. Lebih lanjut, sebuah studi uang dilakukan terpisah oleh McCay dari Universitas Berkeley, menunjukkan bahwa kelinci yang memperoleh protein nabati, lebih sehat dan hidup dua kali lebih lama.

sumber: www.klikdokter.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

17 komentar

  1. narti // May 27, 2010 at 2:28 PM  

    sampai menyebabkan kematian??

  2. sda // May 27, 2010 at 2:29 PM  

    makasih infonya ya...
    tapi anak-anak kadang suka pilih-pilih makanan.

  3. Warna Tulisan // May 28, 2010 at 8:02 AM  

    begitu pentingnya protein sampai2 bila kekurangan dapat menyebabkan kematian .... btw apakah protein nabati lebih baik dari protein hewani ...

  4. odonk's // May 29, 2010 at 10:09 AM  

    wah bermanfaat bgt infonya...
    jdi tw klo kekurangn protein bisa membuat rmbt ronok n kematian..
    trmasksh gan...

  5. secangkir teh dan sekerat roti // May 30, 2010 at 12:53 PM  

    wew...!
    bahaya juga kalo kekurangan protein :)

  6. Deasy // May 31, 2010 at 6:29 PM  

    Aq suka protein itu mengenyangkan,, tanpa takut akan lemak,,,tapi kebanyakan pun gak bagus karna smua musthi balance.. hati2 bagi yg alergi hehew:D

  7. elok langita // May 31, 2010 at 8:11 PM  

    jadi tahu banyak tentang protein.. mkahy iaah buat infonyaa..

    mkashy buat kunjungan dan komentarnyaa..

    happy blogging.. ^_______^

  8. asep canda // June 1, 2010 at 10:06 AM  

    waduh nih sangat bermanfaat sob heheheheh jadi tahu sekarang tentang protein

  9. alkatro // June 1, 2010 at 2:25 PM  

    nice tips, bagaimana mengatur menu protein untuk yang vegetarian mas?

  10. klipangDotCom // June 3, 2010 at 10:16 PM  

    Apapun yang kita anggap penting kesehatanlah yang paling penting nice article sob..

  11. lina@happy family // June 3, 2010 at 11:05 PM  

    Protein memang penting. Yang penting lagi menu seimbang, ya kan

  12. Miss Rinda // June 4, 2010 at 11:16 AM  

    protein sllu bagus bwt ksehtn...

    mmpir lagi mas safru ^__^

    Warm Greetings,
    Miss Rinda - Personal Blog
    www.rinda-holic.blogspot.com

  13. Anonymous // November 28, 2010 at 7:48 AM  

    Protein hewani dan nabati mutlak diperlukan, tidak bisa salah satu saja. Protein hewani mengandung 20 asam amino esensial yang mutlak diperlukan oleh tubuh untuk mencapai supali protein yang sempurna. Sementara itu, protein nabati umumnya mudah didapatkan dan murah tetapi belum mengandung semua asam amino esensial.


    http:// acepu08.student.ipb.ac.id

  14. Acep Usman // November 28, 2010 at 7:57 AM  

    Saya kira konsumsi seimbang antara protein hewani dan nabati mutlak diperlukan. Protein hewani mengandung 20 asam amino esensial (tercukupi),sementara protein nabati belum sempurna mengandung semua asam amino esensial, tetapi umumnya harga lebih murah dan ketersediaan mudah.

  15. Rizkyzone // February 27, 2011 at 10:19 AM  

    cuma kentang sama kacang2nya yang saya tidak begitu suka, tidak tahu kenapa, oy mas domain saya ganti, tolong diganti yah link saya menjadi www.rizkyzone.com jika berkenan

  16. Survivalis // June 18, 2011 at 1:15 AM  

    wah jangan2 rambut saya rontok sampe butak gara2 kurang protein yc??

  17. anhy // January 26, 2014 at 4:55 PM  

    makasih infox yach.... sukses sllu

Post a Comment

Friends Link

Friends