Atasi Stres Dengan Olah Raga

Diposkan oleh safru | Thursday, November 12, 2009 | | 5 komentar »


Stres..???Bagaimana bisa? Well stres dipicu oleh berbagai macam faktor mulai dari pekerjaan, lingkungan sosial, ekonomi, polusi bahkan juga kebiasaan atau gaya hidupsehari-hari. Seperti halnya penyakit lainnya gangguan emosional atau stres bukan tak bisa diatasi. Ada banyak cara untuk mengatasi stres, atau setidaknya mengendalikan agar tidak berkembang menjadi masalah yang menggangu keseharian. Berbagai penelitian menyebutkan olah raga merupakan salah satu cara melepas stres yang efektif. Selama berolah raga tubuh kita menghasilkanenzim yang disebut endorfin, satu jenis morfin alami yang memicu rasa senang dan rileks. Olah raga adalah faktor penting dalam rumus pola hidup sehat. Tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olah raga juga efektif menurunkan berat badan, mencegah penyakit kronis, memperluas pergaulan sosial dan mengurangi stres. Kalau keberatan untuk mengeluarkan biaya olah raga juga bisa dilakukan dilingkungan sendiri dan hasilnya akan efektif asalkan dilakukan secara teratur, terukur dan senang hati. Berdasarkan pengalaman dan pengakuan sejumlah profesional di bidang pelatihan fisik, ada beberapa jenis olah raga yang dianggap efektif sebagai penghancur stres. Apa saja jenis olah raga tersebut..? Yuk kita pelajari satu persatu.
1. Boxing atau Tinju
,Inilah olah raga paling komplit yang memberi kesempatan seluruh bagian tubuh mendapat porsi latihan. Tinju berkaitan erat dengan latihan perkuatan melalui variasi gerakan aerobik yang menuntut koordinasi tangan dan mata. Latihan ini cocok bagi anda yang suka olahraga beladiri. Durasi latihan yang dianggap cukup sekitar 1~2 jam sekali sepekan.
2. Dansa, salah satu pelepas stres yang mujarab juga. Pasalnya dansa tak hanya membuat seluruh tubuh anda bergerak, melainkan juga ada keterlibatan alunan musik disana. Bagi merekan yang muda boleh juga mencoba capoeira.
3. Olah raga dengan raket, bagi mereka yang gaya hidupnya sangat sibuk dan kompetitif ada baiknya memilih jenis olah raga ini untuk melepas stres, diantaranya adalah badminton dan tenis lapangan.
4. Yoga, khusus bagi yang ingin melepas stres namun tak terlalu menyukai aktivitas fisik, maka yoga adalah pilihan jitu. Inilah olah raga yang memungkinkan seseorang terhubung dengan energi alam semesta. Nah sekarang giliran anda untuk memilihnya sesuai yang anda sukai, sehingga badan sehat dan stres punlewat. Jika olah raga masih kurang berhasil, ada baiknya anda mulai mencoba hobi baru seperti menanam bunga, atau memelihara hewan, mendengarkan musik, atau pergi ke bioskop. Tak kalah penting adalah memiliki teman dekat atau sahabat yang bisa menjadi tempat bercerita dan berbagi tentang berbagai masalah hidup. Jika masih belum berhasil juga cobalah melakukan hal-hal kreatif dan menciptkan ide baru atau segeralah pecahkan rutinitas dengan mengambil cuti dari pekerjaan untuk selanjutnya berlibur. semoga berhasil.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

5 komentar

  1. ina // November 16, 2009 at 10:14 AM  

    nah.... ini baru bisa...
    kan kasian kakagnya kl dah nulis tpi gag ada yg koment... hehehe...

    makasih tipsnya kakag...
    keep sharing!!!

  2. narti // November 16, 2009 at 6:46 PM  

    ternyata olah raga banyak manfaatnya yah...
    makasih sharingnya.

  3. narti // November 16, 2009 at 6:46 PM  

    ternyata olah raga banyak manfaatnya yah...
    makasih sharingnya.

  4. sda // November 16, 2009 at 6:48 PM  

    pilih goya aja kali ya...

  5. Warna Tulisan // March 20, 2010 at 9:06 AM  

    tepat sekali sahabat olahraga memang sangat baik bagi kita.

Post a Comment

Friends Link

Friends