Hidup Sehat Dengan Jalan Kaki

Diposkan oleh safru | Monday, November 16, 2009 | | 18 komentar »


Masih ingat slogan 10.000 langkah setiap hari untuk mencegah osteoporosis..? Nah slogan itu dibuat bukan tanpa alasan kuat. Semuanya berdasar kenyataan, bawha berjalan kaki membuat tulang-tulang menerima beban tertentu dan hal itu mengaktifkan sel-sel serta jaringan di dalam tulang menjadi lebih padat.
Kemudian bagaiman caranya agar jalan kaki yang kita lakukan benar-benar bisa bermanfaat buat kesehatan kita? Berjalan kaki sebaiknya dilakukan dengan durasi waktu yang cukup, antara 30~60 menit dan frekuensi 3~5 kali dalam satu minggu. Selain intensitas berjalan kaki, cara berjalanpun akan berpengaruh karena berjalan kaki akan lebih efektif untuk kesehatan dan kebugaran tubuh jika dilakukan dengan langkah yang mirip orang berjalan cepat. Ukuran optimalnya dapat ditandai lewat napas yang terasa agak memburu alias ngos-ngosan. Kira-kira saat berjalan itu kita masih bisa bicara dengan teman disamping tapi nggak sanggup kalau untuk bernyanyi.
Berjalan kaki dapat dilakukan kapan saja baik pagi hari maupun sore hari. Kegiatan ini bisa juga dilakukan didalam ruangan maupun diluar ruangan. Terus manfaat lainya apa saja? berikut beberapa manfaat lain dari jalan kaki :

1. Baik untuk jantung, berjalan kaki 30 menit perhari dapat mengurangi metabolic syndrome, salah satu penyebab tingginya risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.
2. Mengurangi risiko kanker payudara, studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association menyebutkan, berjalan kaki beberapa jam saja dalam sepekan bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara10~30 persen, karena hal tersebut membuat lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.
3. Membuat tidur lebih nyenyak, National Sleep Foundation menyebutkan, berjalan cepat disore hari akan membuat tidur lebih nyenyak karena dengan berjalan kaki akan meningkatkan hormon serotin yang membuat anda akan merasa lebih nyaman.
4. Mengurangi rasa sakit dan nyeri, dengan berjalan kaki secara teratur akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, karena adanya gerakan yang terjadi pada tubuh termasuk pergerakan tangan, dan yang paling utama adalah kaki. Berjalan kaki juga bisa mengurangi risiko kram.
5. Membuat bahagia, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan, berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia.
6. Membuat langsing, berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mengurangi berat badan. Bahkan hasil sebuah penelitian Brown University dan University of Pittsburgh menyebutkan perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu minggu dan mengkonsumsi 1.500 kalori tiap hari dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogram dalam setahun.
7. Awet muda, beberapa studi yang dilakukan menyarankan pada manula untuk lebih serinmg berjalan kaki karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzheirmer. Berjalan kaki juga membuat otak menjadi aktif.
So, tunggu apalagi ..? Jalan kaki yuk!

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

18 komentar

  1. Unknown // November 16, 2009 at 8:19 PM  

    salam sahabat
    wah bagus banget saya juga pernah posting seperti ini ,namun lebih siip milik anda thnxs n good luck ya

  2. taris // November 16, 2009 at 9:30 PM  

    Jalan kaki adalah olah raga murah meriah yang besar manfaatnya

  3. Unknown // November 17, 2009 at 12:34 AM  

    membuat kaki capek juga donk pastinya mas hehehe...
    Nice info...thanks

  4. Muchlisin // November 17, 2009 at 10:20 AM  

    Jalan kaki; murah, kaya manfaat. Terima kasih artikelnya

  5. rudy azhar // November 17, 2009 at 12:49 PM  

    kalau udah langsing gimana Mas? kalau jalan kaki apa tambah kurus kering??

  6. rudy azhar // November 17, 2009 at 12:49 PM  

    kalau udah langsing gimana Mas? kalau jalan kaki apa tambah kurus kering??

  7. Dunia Ifat // November 17, 2009 at 5:46 PM  

    tiap hari jalan kaki, tapi kok lama - lama jadi tambah kurus, niat saya pengen gemuk :D

  8. Rkeyla // November 17, 2009 at 8:21 PM  

    Wach....ternyata jalan kaki banyak manfaatnya yach
    thank's infonya sob

  9. nophie // November 18, 2009 at 10:38 AM  

    boleh jg neh dicoba, biar agak kurusin dikit hehehe

  10. akhatam // November 18, 2009 at 2:00 PM  

    Kalo deket ma gak papa sob.. kalo jauh baru pake' alat transportasi...

  11. Donny // November 18, 2009 at 7:32 PM  

    makasih tipsnya sob...

  12. ina // November 19, 2009 at 10:13 AM  

    asyiknya jalan kaki...
    sehabis bangun tidur...
    udara pagi masih seger...

  13. Unknown // November 19, 2009 at 11:48 AM  

    salam sahabat
    coment lagi n ngasih tahu ada award buat anda mas.mohon kesediaannya di ambil ya..thnxs n good luck

  14. Unknown // November 19, 2009 at 1:45 PM  

    Ea,olahraga paling praktis 'n hemat...
    jalan kaki ajah....
    Cip! (:

  15. secangir teh dan sekerat roti // November 20, 2009 at 8:27 AM  

    jalan kaki sebagian dari kesehatan

  16. arumsekartaji // December 2, 2009 at 8:47 AM  

    Aku sendiri terus terang sudah membuktikan manfaat jalan kaki di pagi hari Mas? Minimal setiap hari dengan jangkauan 4-5 km dengan total waktu 1 jam sejak berangkat hingga tiba kembali di rumah.
    Metabolisme tubuh terbentuk,imunitas tubuh pun juga bertambah fungsinya. Pokoknya sambil jalan kaki kita relakkan pikiran sejenak dari rutinitas kerja dan ngeblog. Lalu hirup tarik energi hijau daun pepohonan yang kita lewati sepanjang perjalanan jalan kaki ini.
    Manfaat positipnya banyak kalau boleh saya menyebutkan adalah tekanan darah/kolesterol/gula dalam darah/asam urat/triglesireda darah dan suhu badan selalu stabil.
    Disamping itu juga dengan jalan kaki kita ingin merefres ke jaman Indonesia dulu masih berbentuk kerajaan. Orang dulu selalu kuat fisik dan bhatinnya karena olah jiwa spiritualnya tinggi dan jarang kena penyakit aneh-aneh seperti manusia sekarang ini.
    Jadi mari budayakan olahraga murah meriah tanpa modal hanya dengan olahraga jalan kaki saja. Buang rasa malas mumpung tubuh belum digerogoti penyakit dan selalu keep on positive thinking.

  17. Warna Tulisan // March 10, 2010 at 1:34 PM  

    informasi yang bermanfaat, memang jalan kaki itu menyehatkan ...

  18. zaqialfaris // November 23, 2010 at 3:53 PM  

    wah info yang sangat menarik nieh....biasakan seminggu sekali untuk jalan2 biar sehat

Post a Comment

Friends Link

Friends