Kenali Gejala Rematik

Diposkan oleh safru | Wednesday, June 10, 2009 | | 4 komentar »

Penyakit rematik yang tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Pasalnya, penyakit ini dalam jangka panjang dapat membawa kecacatan dan depresi pada penderitanya.
Penderita penyakit rematik kebanyakan datang ke dokter sudah dalam kondisi parah. Ada yang sudah tidak bisa jalan, sendi-sendi tangannya cacat, atau depresi berat.Padahal jika pasien ditangani secara dini maka setidaknya kecacatan itu dapat dihindari lewat metode pengobatan, operasi, dan terapi fisik. dengan penanganan yang tepat, penderita rematik dapat menjalani hidup seperti orang sehat pada umumnya. "Yang penting harus diketahui bahwa rematik adalah penyakit seumur hidup, sehingga pengobatannya juga berlangsung seumur hidup," kata Harry Isbagio, Guru besar Ilmu penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Deteksi penyakit Rematik pada awalnya dilakukan dengan tes Rheumatoid Faktor (RF). Namun tes antibodi ini juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit autoimun lainnya, seperti infeksi kronik.
Penanda yang lebih spesifik untuk penyakit ini dilakukan lewat tes anti CPP atau Anti-cylic citrullinated antibody. Tes ini relatif batu dan merupakan penanda yang dapat mendeteksi munculnya rematik secara lebih dini.
Karena hasil tes ini bisa memprediksi munculnya rematik lima tahun kedepan. Deteksi dini sangat penting bagi diagnosis rematik. Pasalnya dengan penanganan dini pula maka berbagai kerusakan sendi dapat dicegah.
Adapun Gejala Rematik antara lain :
1. Kekakuan pada dan seputar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
2. Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
3. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
4. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan. (wk)

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

4 komentar

  1. berat badan ideal // November 25, 2010 at 1:33 PM  

    makasih artikle nya

  2. DenBaGas // June 13, 2011 at 12:18 AM  

    Salam

    Nice info kawan. Thanks for sharing..
    Lama ngga nyimak disini..

    Salam kawan

  3. mnoim // August 11, 2012 at 6:58 AM  

    nice kawand

  4. pulau untung jawa // June 10, 2014 at 5:07 PM  

    rematik walau bukan penyakit ganas tetapi berbahaya juga jika dibiarkan terlalu lama. dapat mengganggu aktifitas sehari-hari

Post a Comment

Friends Link

Friends