Kenali Gejala Rematik

Diposkan oleh safru | Wednesday, June 10, 2009 | | 6 komentar »

Penyakit rematik yang tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Pasalnya, penyakit ini dalam jangka panjang dapat membawa kecacatan dan depresi pada penderitanya.
Penderita penyakit rematik kebanyakan datang ke dokter sudah dalam kondisi parah. Ada yang sudah tidak bisa jalan, sendi-sendi tangannya cacat, atau depresi berat.Padahal jika pasien ditangani secara dini maka setidaknya kecacatan itu dapat dihindari lewat metode pengobatan, operasi, dan terapi fisik. dengan penanganan yang tepat, penderita rematik dapat menjalani hidup seperti orang sehat pada umumnya. "Yang penting harus diketahui bahwa rematik adalah penyakit seumur hidup, sehingga pengobatannya juga berlangsung seumur hidup," kata Harry Isbagio, Guru besar Ilmu penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Deteksi penyakit Rematik pada awalnya dilakukan dengan tes Rheumatoid Faktor (RF). Namun tes antibodi ini juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit autoimun lainnya, seperti infeksi kronik.
Penanda yang lebih spesifik untuk penyakit ini dilakukan lewat tes anti CPP atau Anti-cylic citrullinated antibody. Tes ini relatif batu dan merupakan penanda yang dapat mendeteksi munculnya rematik secara lebih dini.
Karena hasil tes ini bisa memprediksi munculnya rematik lima tahun kedepan. Deteksi dini sangat penting bagi diagnosis rematik. Pasalnya dengan penanganan dini pula maka berbagai kerusakan sendi dapat dicegah.
Adapun Gejala Rematik antara lain :
1. Kekakuan pada dan seputar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
2. Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
3. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
4. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan. (wk)

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang // October 20, 2009 at 2:42 PM  
  2. Anonymous // August 8, 2010 at 9:59 AM  

    is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

  3. berat badan ideal // November 25, 2010 at 1:33 PM  

    makasih artikle nya

  4. DenBaGas // June 13, 2011 at 12:18 AM  

    Salam

    Nice info kawan. Thanks for sharing..
    Lama ngga nyimak disini..

    Salam kawan

  5. Muh.Nur Iqlal Manai // August 11, 2012 at 6:58 AM  

    nice kawand

  6. pulau untung jawa // June 10, 2014 at 5:07 PM  

    rematik walau bukan penyakit ganas tetapi berbahaya juga jika dibiarkan terlalu lama. dapat mengganggu aktifitas sehari-hari

Post a Comment

Friends Link

Friends