Makanan Penangkal Stres

Diposkan oleh safru | Friday, June 05, 2009 | | 1 komentar »

Sekali-sekali perhatikan kebiasaan makan anda terutama saat tegang dikejar deadline pekerjaan atau menyelesaikan tugas kuliah yang seabreg-abreg. Jenis makanan apakah yang lebih banyak anda santap saat itu..?? Apakah makanan berkalori tinggi, yang manis-manis atau justru jenis lain.?
Perlu diingat makanan yang anda santap berpengaruh besar pada tingkat stress yang dialami. Dengan pemilihan jenis makanan yang benar, stress bisa lebih dikendalikan. Sebaliknya jika anda mengkonsumsi jenis makanan yang kurang tepat maka makin buruk tingkat stress itu.
Sejumlah riset menyebutkan mereka yang memiliki tingkat hormon stress yang tinggi ternyata cenderung mengkonsumsi makanan dengan tingkat kalori dan gula yang pekat. Sedangkan mereka yang hormon stressnya lebih rendah lebih banyak memilih asupan daging, ikan segar dan sayuran (Food and Mood Project 2001,Inggris)
Tingkat stres anda akan lebih baik jika tak hanya sekedar memperhatikan jenis makanan , melainkan juga mengendalikan jumlah asupan dan frekuensinya. Pakar gizi menyarankan sebaiknya makan setiap 4 jam sekali.
Mau tahu apa saja makanan penangkal stres..? Coba daftar berikut ini seperti disarankan Natural Health Magazine.
1. Aneka beri : Buah-buahan dari semak liar ini ternyata kaya akan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas dalam darah yang berhubungan erat dengan penyakit kronis dan penuaan.Di Indonesia buah beri adalah sejenis murbei dan stroberi.

2. Susu dan olahannya : Kandungan kalsium dan magnesium yang ditemukan dalam keju dan yoghurt terbukti memberi efek menenangkan terutama pada otot-otot. Ngaak perlu banyak-banyak cukup satu kemasan kecil yoghurt atau selembar keju sudah mampu menekan rasa lapar akibat stres.

3. Aneka jeruk : Buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang bertanggung jawab atas produksi adrenalin dalam tubuh. Kekurangan vitamin C akan menghasilkan rasa lelah yang sangat dan meningkatkan kepekaan anda.

4. Herbal : Kaya akan antioksidan

5. Daging : Protein dalam dagin merah membatu menstabilkan kadar gula darah dan menjaga agar emosi anda tak naik turun

6. Ikan dan Rumput laut : Kaya akan yodium yang bermanfaat dalam pembentukan hormon tiroid.

7. Kerang-kerangan : Termasuk kepiting, udang besar. Terbukti rendah kalori dan lemak. Mereka pun kaya akan protein, B12, B, selium, seng yang berguna dalam proses pembentukan protein. Seng, magnesium dan kalsium membantu antioksidan melakukan fungsinya mengeluarkan radikal bebas dari dalam sistem tubuh.

8. Bayam : Kaya akan zat besi. Satu mangkuk bayam mengandung 40 persen kebutuhan magnesium tubuh dalam sehari. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan mudah pusing, kelelahan dan mudah tersinggung.

9. Kalkun : Seperti halnya daging merah, kalkun banyak mengandung hormon teroid yang berguna untuk relaksasi. Tapi kalkun punya banyak kelebihan lain diantaranya mengandung lebih banyak protein, lebih rendah kalori dan lebih rendah lemak.

10. Gandum butir : Membantu memproduksi hormon serotonin yang memiliki efek mirip rasa senang setelah alah raga dan zat anti depresi. Gandum butir juga membuat kadar gula darah stabil. (berbagai sumber/dra)

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

1 komentar

  1. berat badan ideal // November 25, 2010 at 1:34 PM  

    makasih artikel nya

Post a Comment

Friends Link

Friends