Mengenal Penyebab Sendawa

Diposkan oleh safru | Monday, June 27, 2011 | , | 3 komentar »

Sendawa sebenarnya bukan suatu penyakit, tetapi kalau kita sering bersendawa apalagi di tempat umum maka akan membuat kita merasa malu dan tidak nyaman. Dalam dunia medis, bersendawa dikenal dengan istilah aerophagia. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan;

1. Diet

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

2. Asupan udara

Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

3. Hindari berbaring setelah makan

Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stress berlebih.

4. Konsumsi Jahe

Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Duduk tegak setelah makan akan memaksa udara ke atas sehingga mudah dikeluarkan dengan bersendawa, sedangkan posisi berbaring akan menekan udara di dalam dan membuat rasa tidak nyaman.

source: klikdokter.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

3 komentar

  1. Harto // June 27, 2011 at 10:13 PM  

    jadi inget kalo kata orang tua dulu, kalo pas lagi sendawa katanya kekenyangan makan ternyata itu cuma gas yang disebabkan oleh makanan yang mengandung gas.

    trims atas infonya, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

  2. mjumani // September 16, 2011 at 7:35 AM  

    Biasanya karena makan terlalu cepat, pantesan juga orang tua bilang kalau makan itu pelan-pelan saja.. gak usah tergesa-gesa hehe

  3. Iskandar // April 21, 2012 at 9:58 PM  

    Thanks infonya, jadi tau sekarang apa itu sendawa.

Post a Comment

Friends Link

Friends