Apa Itu Depresi?

Diposkan oleh safru | Wednesday, February 23, 2011 | , | 6 komentar »

Mungkin bagi sebagian kita pada umumnya sering mendengar istilah Depresi. Apa itu Depresi? Depresi bisa diartikan suatu kondisi yang terdiri dari campuran persaan tak meyenangkan entah itu sedih, kecewa, trauma yang dalam.

Depresi bisa terjadi setelah kehilangan seseorang atau mengalami peristiwa yang memukul mental lainnya. Sekitar 10 persen orang yang memeriksakan diri ke dokter untuk keluhan fisik ternyata mengalami depresi.

Jenis depresi Depresi situasional : depresi yang terjadi setelah peristiwa traumatik. Misalnya kematian orang yang sangat disayang. Holiday blues : depresi yang terjadi ketika sedang berlibur atau merayakan sesuatu. Sifatnya hanya sementara. Depresi endogenous : depresi tanpa penyebab yang pasti.

Penyebab

Penyebab depresi belum sepenuhnya diketahui. Namun sejumlah faktor dapat memperbesar risiko seseorang terkena depresi, misalnya :

- Faktor keturunan

- Efek samping obat-obatan

- Kepribadian introvert

- Peristiwa emosional

Gejala

Gejala depresi muncul secara bertahap selama beberapa hari atau minggu. Penderita bisa menarik diri dari lingkungan, jarang bicara, susah makan dan tidur, gelisah, banyak bicara, dan sering meremas-remas tangannya. Bahkan banyak penderita yang merasa tak berdaya dan putus asa sehingga berpikir untuk bunuh diri.

Penanganan

Depresi tidak harus dirawat di rumah sakit. Penderita depresi yang harus dirawat di rumah sakit adalah penderita yang memiliki kecenderungan untuk bunuh diri, kondisi fisiknya lemah, dan memiliki risiko terkena gangguan jantung.

Pemberian obat-obatan adalah langkah pertama untuk mengatasi depresi. Cara lain adalah dengan psikoterapi dan terapi elektrokonvulsif. Seringkali ketiga cara ini digabungkan untuk mendapat hasil optimal ketika mengatasi depresi.

source: sehatnews.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. BeDa // February 23, 2011 at 10:10 AM  

    terima kasih infonya. Semoga kita terhindar dari depresi.

    Salam ukhuwah

  2. nyiel idiot // February 23, 2011 at 1:50 PM  

    Satu lagi!
    Depresi akan sembuh dengan sendirinya kalo kita sering bergaul dengan teman-teman yang menyenangkan, olahraga secara secara teratur dan juga menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. :D

  3. metris // March 2, 2011 at 5:24 PM  

    terlalu banyak pikiran juga bisa memicu penyakit yang satu ini. siapapun bisa msering mengalamai depresi meski dgn kadar yg beragam.. mirip2 stress kali yah ?

  4. Informasi Terbaru // March 3, 2011 at 12:17 PM  

    mendekatkan diri kepda yang Kuasa mgkn bisa mencegah depresi gan. Salam kenal dari blogger newbie. Boleh tukeran link gak?

  5. kangmusa // March 3, 2011 at 12:18 PM  

    assalamualaikum
    ini kunjungan kesekian kali ke blog sahabat :)
    dan menyimak terus update postingan yang semakin menarik
    sekaligus memberi info bahwa kangmusa telah membuat ebook baru
    "Blog Monetization Options" yang bisa diunduh disini
    terima kasih, saya tunggu kunjungan Anda di kangmusa.com
    salam hangat
    kangmusa

  6. Warna Tulisan // March 10, 2011 at 9:24 AM  

    terkadang beban pekerjaan juga dapat menyebabkan depresi ...

Post a Comment

Friends Link

Friends