Sehatkan Gigi Anda?

Diposkan oleh safru | Saturday, January 29, 2011 | , | 6 komentar »

Gigi rapi dan putih siapa yang tidak mau? tapi apakah dengan mempunyai gigi yang rapi dan putih sudah cukup sehat? Menurut Prof Sodang Pintauli dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU) "Gigi yang sehat tidak cukup hanya rapi dan putih, namun harus didukung oleh akar gigi dan jaringan periodontal yang sehat.


Ia mengatakan, meski di beberapa negara berkembang dilaporkan sudah terjadi perbaikan atau peningkatan kesehatan gigi dan mulut, namun kesehatan gigi dan mulut tetap merupakan tantangan masalah kesehatan masyarakat yang perlu ditanggulangi.

Dalam hal ini diperlukan peran aktif masyarakat untuk berprilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri yang disebut kebiasaan pelihara diri. Tidak cukup hanya dengan kebiasaan pelihara diri saja, tetapi juga harus berusaha menghindari beberapa faktor risiko penyakit gigi dan mulut seperti merokok, alkohol dan stres.

Selain itu makan dengan gizi seimbang, mengurangi asupan gula dan dan mengunjungi dokter gigi secara teratur minimal dua kali setahun.

"Dapat disimpulkan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang dipelihara dengan baik dapat menghindarkan seseorang dari risiko menderita penyakit gigi dan mulut serta penyakit sistemik," katanya.

Mengingat pentingnya kesehatan gigi dan mulut, lanjutnya, sikap kemandirian masyarakat perlu didorong terus menerus melalui berbagai upaya dan kegiatan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut yang berkesimabungan dalam mencapai derajat kesehatan yang utuh dan menyeluruh secara maksimal.

Penyakit mulut tidak dapat dianggap remeh, karena penyakit seperti karies (gigi berlubang) dan penyakit periodontal (infeksi gigi/plak gigi) dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh.

"Apabila tidak cepat ditanggulangi dapat menyebabkan mikrobia dalam plek gigi menyebar dan dapat menimbulkan penyakit sistemik seperti gangguan pada jantung, saluran penapasan diabetes bahkan kelahiran prematur," katanya. (abd)

source: sehatnews.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. health // February 21, 2011 at 7:46 AM  

    kesehatan gigi merupakan hal yang penting untuk kita jaga,...

  2. moenas // February 21, 2011 at 10:04 AM  

    emang brow pokoknya klo yg namanya gigi udah sakit wadohhhhh....sakitnya minta ampun dagh

  3. narti // February 21, 2011 at 10:21 AM  

    menjaga dan rutin periksa ke dokter gigi masih sering kita abaikan, padahal ini penting sekali.

  4. sda // February 21, 2011 at 10:22 AM  

    buat ibu hamil juga sangat penting ya.
    makasih sharingnya.

  5. alkatro // February 21, 2011 at 12:41 PM  

    wah bahayya nih, makasih tipsnya brow :)

  6. Alat Kedokteran // August 3, 2011 at 9:08 AM  

    Bener tuhh!!

Post a Comment

Friends Link

Friends