Tingkatkan Konsentrasi Dengan Aromaterapi Lavender

Diposkan oleh safru | Thursday, September 16, 2010 | | 5 komentar »

Kita sering mendengar manfaat lavender untuk mengusir nyamuk baik dalam bentuk lotion maupun obat nyamuk bakar. Tapi tahukah Anda bila aromaterapi lavender dapat juga meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak. Wewangian ini ternyata dapat mendorong kinerja kognitif seseorang, seperti dikatakan peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Barii Hafidh Pramono.

Terapi menggunakan minyak atsiri bunga lavender dapat memengaruhi suasana hati menjadi tenang, meningkatkan kewaspadaan, kemampuan berkonsentrasi, bahkan menurunkan kecemasan seseorang.

Aromaterapi lavender mampu meningkatkan aktivitas gelombang alfa yang merupakan penanda seseorang dalam keadaan tenang, dapat merangsang otak, dan membangun konsentrasi.

"Teknik penerapan aromaterapi dapat dilakukan pada proses belajar baik di rumah maupun sekolah. Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan menurunkan kecemasan siswa ketika menghadapi ujian nasional," kata Barii.

Ia mencontohkan, aplikasi aromaterapi lavender dapat dilakukan dengan meletakkan empat pot bunga lavender di setiap sudut kelas maupun lingkungan rumah atau kamar siswa.

Terapi juga bisa dilakukan dengan teknik penguapan juga sistem pengharum ruangan yang saat ini sedang tren digunakan, yaitu pengharum ruangan otomatis yang bisa ditempatkan di ruangan.

"Bau-bauan tersebut akan ditangkap syaraf pembau diteruskan syaraf pusat kemudian timbul perasaan tenang sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan lebih berkonsentrasi," jelasnya.

Nah, setelah tahu manfaatnya, Anda tentu segera ingin menerapkannya bukan? Selamat Mencoba!

sumber: suaramerdeka.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

5 komentar

  1. Rizky Agung // September 18, 2010 at 8:45 AM  

    Wah.. baru tau nih kalo aromatherapy bisa ningkatin konsentrasi..
    Makasih om infonya :)

  2. pak olez // September 20, 2010 at 1:03 PM  

    lavender emang bisa buat terapi sob, mantab buat kesehatan kulit juga, nice info, salan kenal yah semua, ni blog ttg apa?

  3. lina@happy family // September 20, 2010 at 7:07 PM  

    Saya kemarin nyoba aroma lavender (teknik penguapan) di kamar, kok malah jadi ngantuk ya?

  4. secangkir teh dan sekerat roti // September 20, 2010 at 8:16 PM  

    kaya bau obat nyamuk :D

  5. BRI Jakarta Veteran // September 22, 2010 at 9:52 PM  

    dicoba dulu sahabat, makasih atas infonya.

Post a Comment

Friends Link

Friends