Hati-hati Stroke Ancam Usia Muda

Diposkan oleh safru | Friday, August 27, 2010 | | 6 komentar »

Menurut definisi WHO, penyakit stroke merupakan gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan penyakit pembuluh darah otak. Kematian jaringan otak (infark serebal) akibat berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak menjadi pertanda serangan stroke. Berkurangnya aliran darah dan oksigen dapat disebabkan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.

Perlu diketahui, penderita stroke di Indonesia dalam dasawarsa terakhir cenderung meningkat dan umumnya menyerang generasi muda. Tingkat produktivitas pun menurun sehingga berpotensi mengakibatkan terganggunya kondisi sosial ekonomi keluarga.

Hal tersebut disampaikan spesialis penyakit syaraf serta Ketua Bidang Humas dan Penyuluhan Yayasan Stroke Indonesia, H Sutarto Projo Disastro Sp.s, di Jakarta, awal pekan ini.

Sutarto Projo Disastro menjelaskan, peningkatan jumlah penderita stroke di tanah air tidak dapat dipungkiri identik dengan kolesterol akibat pola hidup tidak sehat.

Terkait fenomena ini, spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, Ariesta Ann Sp JP mengatakan, gangguan kolesterol berasal data Internationl Stroke Conference. Stroke ternyata menjadi penyebab kematian ketiga terbesar di Indonesia. Bahkan, kini cenderung mengancam usia produktif di bawah 45 tahun, terangnya.

Risiko gangguan ini sebenarnya dapat dihindari dengan mengontrol gaya hidup melalui pola makan dan olahraga. Kemudian, masyarakat diimbau secara rutin melakukan cek kolesterol, minimal enam bulan sekali.

sumber: suaramerdeka.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. Unknown // August 27, 2010 at 6:23 PM  

    salam sahabat
    ehm bahaya mas...aduh harus upgreat pola makan nich....thanxs ya

  2. Arif Nur Muhammad Ansori // August 27, 2010 at 11:10 PM  

    wah, jd merinding ne...

  3. Glan@Flixnn // August 28, 2010 at 11:41 AM  

    Wah sangat berbahaya sekali memank ya sob! thanks banget infonya

    @Dhana/ 戴安娜
    Saya rasa pola berpikirnya yang harus di upgrade ^^ karena dengan kita berpikir maka saraf2 di otak kita ikut bekerja dengan keras juga. ap lagi memikirkan masalah yang tidak seharusnya dipikirkan begitu dalam.. sampai2 otaknya jadi jegang2 hehe...(CMIIW)

  4. simple tips // August 30, 2010 at 12:53 PM  

    jadi butuh manajemen berpikir yang bagus nih.. relaxing dan juga menikmati hidup apa adanya.. makasih kunjungannya :D

  5. mas acrom // August 30, 2010 at 4:02 PM  

    ngeri juga ya,perlu di siasati nih...hehe...

  6. Warna Tulisan // September 30, 2010 at 8:03 AM  

    aih sungguh mencemaskan ya sob... memang gaya hidup dan pola makan yang serba instan mungkin sebagai salah satu penyebabnya, nice info sob. Salam

Post a Comment

Friends Link

Friends