Kalau sebelumnya BHS memposting ramuan tradisional yang diambil dari buah dan daun, pada kesempatan ini coba akan diuraikan ramuan tradisional yang diambil dari kulit batangnya. Langsung saja, tanaman tersebut antara lain :

1. Kayu manis (Cinnamomum burmanii), dimanfaatkan untuk mengobati batuk, sesak napas, nyeri lambung, perut kembung, diare, rematik, dan menghangatkan tubuh.
2. Dadap ayam (Erythrina vagirata), kulit batangnya bisa diyakini untuk menyembuhkan penyakit asma.
3. Jeruk nipis (Citrus aurantium L.), dari kulit batangnya bisa bermanfaat sebagai antiseptik, sehingga bisa dipakai sebagai bahan baku obat kumur.
4. Delima (Punicegranatum L), kulit batangnya berkhasiat sebagai anti-cacing pita (obat antelmintika)
5. Pulasari (Alyxia stellata Roem), kulit batangnya bisa digunakan sebagai obat perut kembung karena bersifat karminatif.
6. Brotowali (Tonospora rumphii Boerl), kulit batangnya bisa digunakan untuk mengobati demam, sakit kuning, diare, obat cacingan, dan diabetes. Selain itu dapat juga untuk mengobati penyakit kudis, sebagai obat luar.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

3 komentar

  1. the international times // November 25, 2009 at 6:08 PM  

    makasih infonya,sangat bermanfaat sebagai alternative medicine,dari pada sering mengkonsumsi obat2an yg sekarang mengandung zat kimianya,lebih baik kita beralih ke pengobatan alternatif yg tepat :)

  2. Unknown // November 25, 2009 at 6:19 PM  

    salam sahabat
    wah siip mas,ehm ternyata banyak manfaatnya ya...jadi tahu saya thnxs n good luck ya

  3. Muchlisin // November 26, 2009 at 11:31 AM  

    Alhamdulillah, jadi tahu tanaman untuk kesehatan

Post a Comment

Friends Link

Friends