Tips Sehat - Bebas Bau Mulut Saat berpuasa

Diposkan oleh safru | Tuesday, September 01, 2009 | | 3 komentar »


Salah satu keluhan orang berpuasa adalah bau mulut yang kurang sedap, selain itu tentu saja rasa lemas dan kantuk. tapi jangan bingung ada cara yang mudah untuk membantu menghilangkan bau mulut tersebut.

Bau mulut kurang sedap merupakan sesuatu akibat dari keberadaan jutaan bakteri yang berada didalam mulut kita. Bakteri mulut itu sesungguhnya dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan makanan selama dikunyah dalam rongga mulut. Sayangnya sel-sel bakteri yang mati akan mengeluarkan komponen gas sulfur (belerang) yang mudah menguap, sehingga menghasilkan bau yang tak sedap.

Kabar buruknya lagi bakteri bukan satu-satunya penyebab bau tak sedap tersebut. Sisa makan pada permukaan gigi, kondisi gigi yang berlubang atau rusak dan masalah yang terjadi pada saluran pencernaan dan pernafasan pun menjadi faktor penyebab munculnya bau mulut.Selain itu jenis makanan dan minuman tertentu juga bisa sebagai penyumbang penting penyebab munculnya bau mulut. Misalnya jengkol,petai, kopi, rokok dan minuman beralkohol.

Lalu apa yang harus kita lakukan..??

1. Yang pertama dan paling penting adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dari sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi setelah sahur dan berbuka puasa. Sikat gigi setiap habis sahur dan berbuka, sehingga sisa makanan tidak tertinggal dipermukaan gigi. Sisa makanan yang tertinggal di permukaan gigi akan menyebabkan plak dan karies sehingga gigi menjadi berlubang dan rusak.

2. Berkumurlah dengan larutan sirih atau jeruk nipi untuk membantu mengurangi jumlah bakteri mulut dan mengharumkan rongga disekitarnya.

3. Untuk sementara hindari makan makanan yang bisa menimbulkan bau mulut.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

3 komentar

  1. Ita Irawati // September 3, 2009 at 12:07 PM  

    hehehee.... pertama nih....
    Info yg bagus... bisa di coba nih.. Thanks Sob

  2. narti // September 3, 2009 at 5:13 PM  

    makasih artikelnya, info yg bagus.

  3. ina // September 4, 2009 at 9:19 AM  

    makasih tips nya sobat,...

    bulan ramadhan emang bau mulut kita gag wangi,... tapi nantinya di akhirat,,, wangi,... hehehe,...

Post a Comment

Friends Link

Friends