Tetap Sehat dengan Kopi

Diposkan oleh safru | Monday, August 10, 2009 | | 6 komentar »


Apakah anda termasuk yang hobi minum kopi? Berapa cangkir kopi yang bisa anda habiskan dalam sehari? satu-dua atau lebih dari itu? Sebenarnya minum kopi sah-sah saja, karena mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tertentu terbukti memberi efek posistif bagi tubuh. Kandungan kafein dalam kopi dapat berfungsi memacu adrenalin dan meningkatkan kerja jantung.
Meski begitu, bukan berarti anda bisa mengonsumsi kopi sebanyak-banyaknya. Ada ambang batas yang dianggap aman jika tak ingin keninkmatan kopi justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. "Batas kafein yang bisa diterima tubuh sekitar 150 mg per hari atau kira-kira maksimal dua cangkir kecil. Kalau lebih dari itu, efeknya bisa kemana-mana.
Dampak yang terasa paling awal adalah naiknya asam lambung. Bagi mereka yang punya masalah dengan pencernaan apalagi yang menderita sakit maag, kelebihan kafein akan memperburuk kondisi lambungnya. Selain itu, kebiasaan minum kopi dalam jumlah berlebihan akan memaksa jantung bekerja lebih keras dari seharusnya. Akibatnya, denyut jantung menjadi lebih cepat dari detak normal. Itu akan meningkatkan resiko serangan jantung, apalagi jika diikuti pola hidup yang kurang baik.
So, tetap minum kopi namun batasi hanya dua cangkir per hari. Jangan lupa barengi dengan asupan air putih yang cukup. Pasalnya, kopi memberi efek deuretik (keluarnya air seni) lebih banyak yang akan menyebabkan tubuh kekuranagan cairan. Nah selamat ngopi.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. sda // August 11, 2009 at 1:31 PM  

    makasih infonya..jd tetep boleh ngopi kan?

  2. Ita Irawati // August 14, 2009 at 11:38 AM  

    berkunjung ke blog sobat yg sehat ini

  3. nophie // August 21, 2009 at 8:39 AM  

    untung deh aku ga suka kopi.

  4. Digital Life // August 26, 2009 at 2:15 PM  

    Kalo saya emang ga suka kopi sih..

  5. hpnugroho // September 1, 2009 at 10:01 PM  

    salam kenal..
    kalau ane paling suka minum kopi, terutama saat online ... tanpa kopi kayaknya kurang inspirasi.. :D

  6. agen sbobet // February 28, 2013 at 1:31 PM  

    ko bisa sehat dengan kopi gimana ceritanya

Post a Comment

Friends Link

Friends