Bernyanyi atau mendengarkan lagu hampir menjadi kegemaran semua orang. Baik disadari secara langsung maupun tidak langsung dalam keseharian kita akan bertemu dengan namanya lagu. Atau mungkin kegemaran Anda dengan lagu dituangkan dalam aktivitas yang lebih spesifik lagi yaitu dengan karaoke? Ternyata aktivitas ini tak hanya memancing efek relaksasi yang mampu mendongkrak hormon bahagia, tapi juga menjadi terapi ampuh bagi kesehatan.

Seperti diungkapkan oleh Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime Graduate School University of Medicine, Jepang, bahwa "Menyanyi mengaktifkan pernafasan dalam, dimana kondisi ini baik untuk sistem saraf.

Efek relaksasi lebih terasa ketika mendapat dukungan sosial yang baik. Misalnya, seorang penyanyi profesional yang mendapat sambutan tepuk tangan meriah, atau Anda yang sanggup memancing tawa bahagia di tengah ruang karoke. "Ini baik untuk meredam stres," ujarnya.

Profesor Grenville Hancox, direktur Centre de Haan Sidney Penelitian Seni dan Kesehatan di Kent, telah melakukan lobi, membujuk para tenaga medis untuk meresepkan bernyanyi pada pasien yang memiliki masalah psikologis. "Bernyanyi membuat tubuh sehat," ujarnya.

Harvard Medical School, Boston, juga telah membuktikan bahwa bernyanyi menjadi terapi ampuh menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. "Bernyanyi membantu kerja obat-obatan seperti diuretics, beta blockers, calcium-channel blockers, dan angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitors."

Selain bernyanyi, mendengarkan musik juga ampuh meredam hipertensi. "Beberapa studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat efektif dalam mengurangi tekanan darah. Musik bisa menenangkan pasien sebelum operasi, mengurangi stres dan kecemasan," kata penulis studi, Nina Niu.

Rangsangan musik mampu mengaktivasi sistem Limbik yang berhubungan emosi. Saat sistem Limbik teraktivasi otak menjadi rileks. Kondisi inilah yang memicu tekanan darah menurun. Alunan musik juga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi molekul nitric oxide (NO). Molekul ini bekerja pada tonus pembuluh darah yang dapat mengurangi tekanan darah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Arthritis Care dan Research edisi April ini memperkuat bukti medis bahwa musik, termasuk karaoke, memiliki efek terapi potensial yang bermanfaat bagi kesehatan.

source: vivanews.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

7 komentar

  1. Obat Pembesar Penis // December 16, 2011 at 5:47 PM  

    kita perlu meluangkan waktu untuk bergembira...

  2. Obat Impotensi // December 21, 2011 at 2:58 PM  

    Kita memang perlu waktu untuk merefresh otak kita agar tidak tertekan terus menerus.

  3. noovle.net // January 3, 2012 at 2:13 AM  

    noovle.net - Multimedia Search Engine

  4. obbat herbal asam urat // April 28, 2012 at 8:29 AM  

    terimaksih infonya sangat bermanfaat,

  5. obat trigliserida herbal // November 20, 2012 at 9:48 AM  

    maksih banyak gan

  6. obat herbal amandel // December 15, 2012 at 11:37 AM  

    infonya bagus

  7. obat herbal diabetes // December 21, 2012 at 10:54 AM  

    maasih gan

Post a Comment

Friends Link

Friends