Inilah Buah Ratu Antioksidan

Diposkan oleh safru | Tuesday, October 04, 2011 | | 6 komentar »

Buah manggis adalah buah yang unik, kenapa unik? karena buah yang satu ini biasanya dibuat tebakan ada berapa isinya. Selain itu buah ini juga mempunyai ke-eksotisan bentuknya sehingga mendapat julukan QUEEN of FRUIT. Buah dengan tampilan yang cantik ini ternyata mengandung Antioksidan pada kulit dan buahnya.

Dikalangan masyarakat, lebih familiar dengan teh hijau sebagai bahan antioksidan, namun manggis ternyata menawarkan alternatif lain untuk mendapatkan antioksidan yang berguna mencegah perusakan sel yang disebabkab radikal bebas.

Dari hasil suatu penelitian, buah asli Asia Tenggara ini dapat menghasilkan xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan.

Penelitian tentang xanthone telah dimulai sejak tahun 1970 dan hingga saat ini telah ditemukan lebih dari 40 jenis xanthone, diantaranya adalah alpha-mangostin dan gamma mangostin yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis xanthone tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan cara menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkan inflamasi.

Kandungan stilbenes pada buah manggis juga sangat bermanfaat sebagai antifungi. Sebuah studi di Singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif dibandingkan dengan durian dan rambutan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma-mangostin mempunyai efek anti radang lebih baik daripada obat antiinflamasi lain yang dijual di pasaran. Xanthone jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak).

Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif.

Kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai anti bakteri. Alpha-magodtin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline.

sumber: suaramerdeka.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. yuda // October 7, 2011 at 12:47 PM  

    go healthy bro... visit blog qw ya www.tekcomjar.blogspot.com

  2. alkatro // October 11, 2011 at 2:32 PM  

    ternyata buah ini manjur untuk melawan oksidan jahat, makasih sharenya sobat :)

  3. cardiacku // October 11, 2011 at 3:59 PM  

    Terima kasih atas berbagi informasi yang bermanfaat...buahnya sederhana tetapi manfaatnya luar biasa

  4. webmdmk // October 12, 2011 at 6:48 PM  

    Kunjungan silaturahmimmalam sahabat...terima kasih atas artikel yang menambaha wawasan dan pengetahuan mengenai manfaat buah manggis

  5. BRI Jakarta Veteran // October 17, 2011 at 8:13 AM  

    wah saat ini buah manggis sudah agak jarang, mungkin hanya ada dipasar.

  6. Asis Sugianto // October 22, 2011 at 5:43 PM  

    wah saya baru tahu klo buah ini memiliki anti oksidan sob??

    thx infonya sob...

Post a Comment

Friends Link

Friends