Makanan Pedas? Sehat Lho

Diposkan oleh safru | Thursday, July 07, 2011 | , | 5 komentar »

Makanan dengan rasa pedas mudah sekalia kita jumpai di sekitar kita. Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas berbahagialah, karena kegemaran ini bisa berbuah manis untuk kesehatan. Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi sejumlah keluhan penyakit.

Kalau bicara rasa pedas maka berhubungan erat dengan yang namanya cabe. Selama berabad-abad, cabai telah digunakan sebagai obat untuk peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak dan juga mengeluarkan toksin dari tubuh.

Tentu saja, makanan pedas ini harus dikonsumsi secara bijaksana, terutama jika Anda memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa menoleransi makanan pedas.

Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat, berikut di antaranya.

1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2. Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi cerna

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

6. Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7. Tidur nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

8. Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

9. Melancarkan pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

Nah, bagi Anda yang tidak suka dengan makanan pedas tidak ada salahnya untuk mencoba tapi ingat jangan mengkonsumsinya berlebihan karena bisa menyebabkan sakit perut.

source: kompas.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

5 komentar

  1. Aa // July 7, 2011 at 12:27 PM  

    Wah, menyehatkan juga ternyata. :)

  2. Faisal Hilmi // July 13, 2011 at 7:49 PM  

    kalau sumbernya dari kompas aku percaya deh. hehe,,,

  3. gadget hot // July 20, 2011 at 8:16 AM  

    Thanks infonya sobat.
    http://www.gadgetsnewspaper.com

  4. Anonymous // September 12, 2011 at 7:45 PM  

    mohon tny gmn cara nya mau share nya yg sangat bermanfaat ini via fb thanx...

  5. membuat website dengan php // April 13, 2014 at 7:42 AM  

    terimakasih telah share artikel bagus, semoga teman bisa blogwalking ke
    blog saya untuk belajar membuat website dengan php

    Tips membuat website landing page http://goo.gl/zBUASQ
    Mendesain Logo Dengan CSS3 http://goo.gl/i7DsmY
    9 Website Keren ala Kuliahphp.com http://goo.gl/5dOBHH
    Jasa Pembuatan Website di Indonesia http://goo.gl/tGOI9T
    Bank Foto dan Gambar Terbaik Untuk Blog Anda http://goo.gl/wKsOuA
    Template Website Keren nan Gratis Untuk Responsive dan Mobile http://goo.gl/IrBS7u
    7 Hal Penting Sebelum Mendesain Sebuah Website http://goo.gl/Y2f8xB
    Tutorial membuat website http://goo.gl/2VOxvt
    web template Responsif http://goo.gl/kCTUqt
    coding toko online http://goo.gl/PNic66
    css responsive desain website http://goo.gl/rLfSPE
    E-commerce free website http://goo.gl/E6VY5q
    Mobile web template tutorial http://goo.gl/HEOON4

Post a Comment

Friends Link

Friends