Mengenal Khasiat Teh Hijau

Diposkan oleh safru | Friday, September 04, 2009 | | 6 komentar »

Apa kegiatan anda setiap pagi sebelum beraktivitas atau disore hari waktu kumpul sama keluarga..? Cobalah "Ngeteh" dengan teh hijau karena selain harganya murah, mudah didapat, teh hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi karena khasiatnya berlipat.Tak hanya sebagai antioksidan kuat, memerangi penyakit jantung atau mencegah peradangan, namun teh hijau punya ’segudang’ khasiat yang lain, diantaranya :

1. Mengurangi risiko kanker
Kandungan polifenol, antioksidan kuat pada teh hijau, tampaknya mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang teratur minum teh hijau berkurang risikonya terhadap penyakit kanker payudara, kanker perut, kanker kerongkongan, kanker kolon (usus besar) dan kanker prostat.

2. Menyejukkan kulit
Kulit Anda bermasalah, entah bengkak atau gatal? Cobalah rendam teh hijau, oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Teh hijau merupakan antiseptik alami yang meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Anda bisa coba juga teh hijau untuk mengempiskan jerawat, kulit terbakar bahkan kelopak mata yang membengkak entah habis menangis atau kurang tidur. Celup teh hijau di air, ambil kantungnya dan tempelkan pada daerah yang dikehendaki. Pada uji
lab, teh hijau mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang memicu munculnya kanker kulit, entah dengan cara meminumnya atau mengoleskannya langsung pada kulit dalam bentuk pelembab atau losion yang mengandung khasiat teh hijau.

3. Menstabilkan tekanan darah
Memiliki tekanan darah stabil, di bawah 120/80, adalah hal penting. Namun menjaganya di kisaran itu susah-susah gampang apalagi bagi Anda yang doyan makanan berlemak tinggi. Tapi orang yang mengonsumsi separuh cangkir teh hijau setiap hari sudah ‘menabung’ menghindarkan diri dari tekanan darah tinggi sebesar 50% dibanding mereka yang tak biasa minum teh hijau. Sekali lagi kandungan polifenol (yang sekarang dikenal sebagai ECGC) yang membuat tekanan darah stabil. Senyawa polifenol membantu menjaga pembuluh darah
dari kontraksi yang berpotensi menaikkan tekanan darah.

4. Melindungi daya ingat
Teh hijau juga menjaga otak tetap ‘tajam’ dari bahaya kepikunan. Orang dewasa yang minum teh hijau setidaknya dua cangkir sehari tampaknya tidak punya masalah kognitif serius dibanding mereka yang minum teh kurang dari jumlah tersebut. Kenapa? Sekali lagi karena antioksidan dosis tinggi yang terkandung dalam teh yang memerangi radikal bebas yang berpotensi merusak saraf otak seperti yang tampak pada penderita Alzheimer dan Parkinson.

5. Awet muda
Semakin muda dan sehat arteri Anda, maka dampaknya Anda juga makin terlihat
lebih sehat dan lebih muda. Jadi perangilah plak yang tertimbun di pembuluh darah yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tambahkan usia biologis dan energi dengan mengonsumsi teh hijau. Berapa banyak dosis yang harus dikonsumsi? Sekitar 10 ons teh hijau per hari yang akan menghalangi tubuh menyerap lemak yang menyumbat arteri dan kolesterol.

6. Menurunkan berat badan
Oh ya, ini yang pasti Anda suka. Dengan teratur mengonsumsi teh hijau berarti Anda mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh. ShapeWorks Herbal Concentrate Tea memberikan efek thermogenesis pada tubuh kita, sehingga terjadi pembakaran kalori/lemak saat kita istirahat. Ini sering disebut juga sebagai Aerobic in the Bottle.

7. Membantu pencegahan gigi rusak
Fluoride tergolong sebagai mineral yang dapat mencegah pertumbuhan karies pada gigi, mencegah radang gusi, dan gigi berlubang.

8. Menjaga kebugaran tubuh

Kadar kafein yang terkandung dalam teh hijau berbeda dengan kafein yang terkandung dalam kopi. Pada teh hanya terkandung kafein sebanyak 3 - 5%. Jadi jika kita rajin minum teh, maka tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar. Kafein berpengaruh positif pada aktivitas mental, dan dapat memperbaiki proses pencernaan makanan dalam lambung. Pencernaan yang baik akan membakar lemak dalam tubuh lebih efisien.

Jika Anda sedang menjalani diet, proses ini membantu usaha untuk mengurangi berat badan. Terlebih lagi jika teh diminum saat perut masih kosong.

Sayangnya hingga saat ini, belum diketahui seberapa banyak takaran teh hijau yang harus dikonsumsi seseorang agar mendapatkan manfaat teh hijau yang optimal. Namun sangat disarankan agar setidaknya setiap orang meminum satu cangkir teh hijau setiap hari, baik panas ataupun dingin.

sumber :WWW.solusisehat.net

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

6 komentar

  1. lina@happy family // September 9, 2009 at 8:59 PM  

    Saya penggemar teh hijau; yang ternyata memang banyak manfaatnya.Kalau lagi ngantuk, minum teh hijau, bisa seger lagi lho. Terima kasih infonya...

  2. Mlaty // October 29, 2009 at 8:44 AM  

    jd pngen nyoba minum teh hijau tiap hari ^^ mkasih dah sharing..

  3. Anonymous // August 8, 2010 at 10:08 AM  

    is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

  4. Yuni // August 24, 2010 at 2:37 PM  

    menurunkan berat badan n bikin awet muda... makanya lagi rajin2 minum teh hijau nih, kadang2 teh hitam yg katanya ampuh mencegah penyakit kanker..

    -- visit http://m.rujakasik.com --

  5. berat badan ideal // November 25, 2010 at 1:40 PM  

    berat badan ideal, menurunkan berat badan ideal. berat badan ideal,berat badan ideal,berat badan ideal Demi penghematan, agar bahan makanan tahan lama, banyak orang menyimpan makanan di freezer (lemari pendingin). Padahal tak semua produk makanan bisa disimpan di freezer. Produk-produk makanan yang mengandung banyak air sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer.berat badan ideal Daging-dagingan bisa tahan pembekuan untuk penyimpanan. Namun, kualitas mereka bisa terganggu. Ada beberapa jenis makanan yang tak boleh disimpan di dalam freezer antara lain :

  6. Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah // July 13, 2011 at 4:06 PM  

    trimaksih infonya, sangat berguna...

Post a Comment

Friends Link

Friends