Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Diposkan oleh safru | Wednesday, April 20, 2011 | | 8 komentar »

Sikap optimis harus selalu tertanam dalam benak kita, selain bisa mendorong kita untuk lebih bersemangat untuk mencapai sesuatu ternyata orang-orang dengan sifat optimis cenderung akan hidup lama daripada orang-orang pesimis. Hal ini terpublikasikan dalam jurnal Archives of Internal Medicine tanggal 28 Februari 2011, pasien berpenyakit jantung lebih mungkin untuk bertahan hidup jika mereka memiliki pandangan yang positif (optimis).

Penelitian ini berawal dari kuisioner psikologis yang dijawab oleh 2.800 pasien berpenyakit jantung mengenai kepercayaan mereka terhadap kemampuan diri sendiri untuk pulih dari penyakitnya, dan juga segera kembali ke aktivitas sehari-harinya. Setelah 15 tahun, 1.637 pasien meninggal, 885 (54 persen) adalah akibat dari penyakit jantung. Para peneliti dari Duke University Medical Center mengatakan bahwa hanya terdapat kurang dari 30 persen dari orang-orang yang bersikap optimis meninggal selama penelitian.

Peningkatan risiko kematian di antara pasien yang mempunyai sifat pesimis tetap berlaku, bahkan setelah para peneliti meneliti hal tersebut dengan sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan penyakit jantung, usia, jenis kelamin, pendapatan, depresi, dan dukungan sosial.

John. C. Barefoot, penulis utama dalam penelitian tersebut mengatakan dalam sebuah rilis berita Duke, “Studi ini termasuk unik karena ternyata sikap pasien terhadap penyakit mereka tidak hanya mempengaruhi mereka untuk kembali ke aktivitas sehari-hari mereka saja, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mereka dalam waktu jangka panjang dan kelangsungan kehidupan mereka nantinya.”

Para peneliti juga berpendapat bahwa sikap optimis dapat lebih efektif dalam membantu menangani kondisi pasien, misalnya mereka jadi lebih mengikuti jadwal perawatan mereka dengan cermat. Sementara itu, pasien yang bersikap pesimis mengalami lebih banyak ketegangan dan stres yang dapat merusak kesehatan mereka.

Yang dapat menjadi pelajaran dari studi ini adalah dengan bersikap optimis Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, tetapi juga berpotensi untuk hidup lebih lama dibanding dengan orang-orang yang selalu bersikap pesimis.

source: klikdokter.com

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

8 komentar

  1. ekosulistio // April 21, 2011 at 9:15 PM  

    sikap positif memang baik untuk kesehatan

  2. moenas // April 23, 2011 at 12:46 PM  

    mampir akhhh brow... kmna aje neh^^^

  3. moenas // April 23, 2011 at 12:46 PM  

    numpang tenar brow

  4. nova13 // April 23, 2011 at 9:44 PM  

    hallo, sekarang saya telah mempunyai domain dot com jadi, kalau berkenan, saya mohon untuk mengganti alamat domain saya yang lama (http://13nova.blogspot.com), dengan alamat saya yang baru ini:

    <li><a href='http://www.nova13.com/' target="new" alt="Blog nova13" title="Blog nova13"><b>Blog nova13</b></a></li>

    Oke, sebelumnya terima kasih, salam blogger ^_^

  5. Unknown // May 23, 2011 at 2:01 PM  

    Semoga kita bisa selalu semangat dan optimis.

  6. Wanita // June 11, 2011 at 11:18 AM  

    saya setuju gan, sikap optimis membuat aliran darah mengalir dengan lancar sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi untuk bagian2 tubuh tercukupi. sikap pesimis mempengaruhi detak jantung karena biasanya sikap demikian lebih rentan dengan yang namanya stres.

    oke semoga kita menjadi orang2 yang selalu optimis dalam merajut kehidupan ini.

  7. mengembangkan sikap optimis // November 16, 2011 at 6:32 PM  

    sikap optimis juga membantu dalam bangkit dari kegagalan

  8. arjoena // June 23, 2014 at 11:37 AM  

    terimakasih artikel tentang jantung nya sangat memberikan informasi yang bermanffat. Semoga para pasien penyakit jantung bisa tetap optimis dalam menjalani pengobatan.

Post a Comment

Friends Link

Friends